Kamis 10 November 2022, Tim LPM bersama perwakilan GPM GKM melaksanakan kunjungan yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu ke Universitas Trisakti dan Universitas Kristen Indonesia (UKI). Masing-masing kelompok terdiri dari tujuh orang. Rombongan pertama dipimpin oleh Ketua LPM, Dr. A. Hasan Asy’ari Ulama’i beserta tim GPM-GK yang mengunjungi unit Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Kristen Indonesia. Sedangkan rombongan kedua dipimpin oleh Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Komarudin, M.Ag yang mengunjungi Badan Penjaminan Mutu Universitas Trisakti Jakarta.

Dalam agenda kunjungan kali ini,   Tim GKM dan GPM diharapkan mampu belajar dari penjaminan mutu yang dilakukan dikampus lain di tingkat prodi dan fakultas hingga harapannya mampu melakukan optimalisasi penguatan GPM dan GKM di UIN Walisongo Semarang.

 

Dalam kunjungannya, rombongan disambut oleh masing masing ketua dari Lembaga Penjaminan Mutu di UKI dan Badan Jaminan Mutu di Universitas Trisakti. Dalam kedua Lembaga penjaminan mutu dua universitas tersebut telah melaksanakan monitoring dan evaluasi  terkait dengan berjalanya proses SPMI di Universitas. LPM atau BJM bertugas dalam membuat SOP dan memonitoring pelaksanaan renstra SPMI, memonev pembelajaran dan kurikulum. Di Universitas Trisakti, tugas penjaminan mutu dibawah koordinasi oleh BPM yang kemudian diteruskan oleh GPM-PS (Gugus Penjaminan Mutu di Program Studi ) dan GPMF (Gugus Penjaminan Mutu di Fakultas). Demikian halnya dengan di Universitas Trisakti dimana tugas penjaminan mutu diteruskan ke JMF (Penjamin Mutu Fakultas). Masing masing penjaminan mutu ditingkat fakultas memastikan berjalanya proses monitoring dan evaluasi di semua program studi.

Yang menarik, dalam proses berjalanan sistem penjaminan mutu dikedua kampus tersebut dibantu oleh pengolahan data yang berbasis IT. Sehingga data data sudah tersimpan dengan rapi dan dapat diakses dengan mudah oleh semua stakeholder. Website penjaminan mutu menampilkan infomasi-informasi yang dibutuhkan oleh pihak lain seperti kebijakan, manual, PPEPP, standar (selain SNPT sistem informasi mahasiswa dan alumni), IKU, Renstra serta capaian akreditasi prodi yang dilengkapi dengan reminder status akreditasi prodi.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan inspirasi dan dirumuskan rekomendasi untuk tindak lanjut perbaikan dan peeningkatkan kinerja GPM dan GKM yang ada di UIN Walisongo Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *