Rabu, 01/12/2021 Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) menyelenggarakan “Review Capaian Renstra Fakultas dan Unit di lingkungan UIN Walisongo Semarang Tahun 2021” bertempat di The Azana Hotel Airport, Jalan Jenderal Sudirman No.385 Semarang. Acara ini diantarkan oleh Ketua LPM, Dr. A. Hasan Asy’ari Ulama’i, M.Ag. dan dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag.,  serta dihadiri oleh para pimpinan fakultas, Ketua UPT dan pimpinan unit di lingkungan UIN Walisongo Semarang.

Dalam sambutannya, Ketua LPM, Dr. A. Hasan Asy’ari Ulama’i, M.Ag. mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi capaian renstra fakultas dan unit di lingkungan UIN Walisongo Semarang  pada tahun 2021 yang nantinya menjadi  bahan perbaikan pada tahun berikutnya. Renstra fakultas dan unit ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari renstra universitas.

Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag.,  Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan memaparkan beberapa hal terkait review capaian renstra tahun 2021 ini. Beliau menyatakan bahwa  pada tahun 2020 telah diadakan penyelarasan renstra pada setiap fakultas dan unit dengan tujuan renstra disusun selaras satu sama lain dengan renstra universitas. Akan tetapi, masih ada beberapa renstra yang masih belum optimal. Lebih lanjut, kegiatan ini diadakan untuk memastikan seluruh kegiatan dan program fakultas dan unit serta universitas memiliki arah yang jelas dan harus sejalan dengan dinamika perubahan kebijakan dari pemerintah, seperti Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan. UIN Walisongo harus menjadi bagian dari dinamika tersebut, salah satunya adalah program “Walisongo Eco Green Campus”, yaitu: kampus yang memiliki komitmen tinggi dalam membangun budaya peningkatan efisiensi energi, konservasi sumberdaya dan peningkatan kualitas lingkungan dengan mendidik untuk menciptakan hidup sehat dan lingkungan belajar yang kondusif secara bekelanjutan.

Acara ini dilanjutkan dengan pemaparan capaian renstra tahun 2021 dari masing-masing fakultas dan unit oleh dekan dan wakil dekan bidang kemahasiswaan dan kerjasama dan ditutup dengan kegiatan evaluasi berdasarkan hasil review terkait target-target yang sudah tercapai dan yang belum tercapai pada tahun 2021. Target-target yang belum tercapai ini harus dicari akar penyebab dan rekomendasi untuk tindak lanjut dengan harapan dapat diperbaiki pada tahun-tahun berikutnya. (NRJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *