Kamis 21/10/2021, Lembaga Penjaminan Mutu melakukan koordinasi pelaksanaan tracer study dan survei kepuasan pengguna lulusan tahun 2021. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting yang dihadiri oleh para ketua dan sekeretaris jurusan.

Johan Arifin selaku Kepala Pusat Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa menyampaikan bahwa kegiatan tracer study merupakan salah satu program rutin pada Pusat PPM. Adanya penelusuran terhadap keterserapan alumni di dunia kerja merupakan salah satu tuntutan perguruan tinggi. Tracer study dilakukan melalui sistem sitrace.walisongo.ac.id. aplikasi ini sudah digunakan sejak tahun 2019 untuk memudahkan dalam melakukan tracing terhadap alumni.

Koordinasi tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan respon/tanggapan yang masuk melalui web tersebut. Adapun tim tracer study melibatkan para sekjur UIN Walisongo Semarang. Selain koordinasi tracer study, melalui zoom meeting tersebut juga dilakukan koordinasi plaksanaan survei kepuasan pengguna lulusan. Lebih lanjut, Sekretaris LPM, Anila Umriana selaku koordinator kegiatan survei tersebut menyampaikan pentingnya kegiatan survei tersebut dalam rangka mengetahui kepuasan para pengguna lulusan/stakeholder. Penilaian kepuasan pengguna menggunakan indikator sebagaimana yang ada dalam IAPS dan IAPT yang meliputi etika, keahlian bidang ilmu, kemampuan berbahasa asing, pengguanaan teknologi informasi, kemampuan berkomunikasi, Kerjasama tim, dan pengembangan diri.

Hasil tracer studi dan survei kepuasan pengguna lulusan tersebut diharapkan sebagai acuan dalam pengembangan program selanjutnya. (An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *