Jelang dimulainya perkuliahan semester gasal 2021/2022 pekan depan, Lembaga Penjaminan Mutu UIN Walisongo Semarang mengadakan sosialisasi dan koordinasi monev, Kamis 12 Agustus 2021. Mengingat masih dalam masa PPKM, kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui zoom meeting.

Hadir secara virtual dalam koordinasi tersebut, para wakil dekan bidang akademik dan kelembagaan, wakil direktur Pascasarjana, para Kajur, dan para ketua GPM-GKM, serta tim LPM. Kegiatan monev pembelajaran merupakan salah satu program rutin dibawah koordinasi Kapus Audit dan Pengendalian Mutu, Komarudin.

Dalam penjelasanya disampaikan bahwa monev awal perkuliahan ini mencakup tiga bagian, yang pertama monev kesiapan pembelajaran (RPS), monev keaktifan Minggu pertama, dan kesiapan sarpras. Instrumen yg digunakan dalam kegiatan monev semester ini nantinya secara umum tidak jauh berbeda semester sebelumnya, hanya penyesuaian beberapa point dengan melihat pada kondisi dan kebutuhan saat ini.

Sementara itu, Ketua LPM, Hasan Asy’ari Ulama’i menyampaikan bahwa ke depan kegiatan-kegiatan penjaminan mutu mulai diperkuat ditingkat fakultas dan prodi, salah satunya kegiatan monev pembelajaran ini. Saat ini LPM juga mulai mengembangkan audit bukan hanya pada prodi dan fakultas saja, melainkan juga pada pencapaian standar mutu.

Memandu diskusi dalam kesempatan tersebut, Anila Umriana selaku sekretaris LPM menggarisbawahi bahwa optimalisasi peran GPM dan GKM dalam proses penjaminan mutu di level fakultas dan prodi menjadi penting mengingat keduanya menjadi salah satu organ dalam struktur UPPS yang memiliki peran besar dalam mengawal capaian standar yg telah ditetapkan. (An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *