Kamis 11 Agustus 2022, bertempat di Aula Kampus 1 UIN Walisongo Semarang, LPM menyelenggarakan kegiatan Finalisasi LKPS. Acara ini dilaksanakan guna mendukung dan memfasilitasi seluruh program studi yang ada di UIN Walisongo Semarang untuk melengkapi LKPS yang akan digunakan dalam kegiatan akreditasi. Peserta yang hadir dalam acara finalisasi LKPS adalah para ketua dan sekertaris program studi serta satu perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan. Kegiatan ini juga mengundang narasumber yang akan menyampaikan sumber data untuk dapat dimasukkan kedalam LKPS yaitu Kapus Penelitian LP2M, Kapus Pengabdian LP2M, Sub Koordinator bagian Organisasi dan Kepegawaian, Sub Koordinator Administrasi Akademik serta kepala PTIPD. Dalam sambutanya Bapak Komarudin, M.Ag (Kapus Audit dan Pengendalian Mutu LPM) menyampaikan bahwa pengisian LKPS sangatlah penting guna mempersiapkan prodi dalam menghadapi akreditasi. Akreditasi tahun ini tidak hanya BAN PT namun juga terdapat Lembaga Akreditasi Mandiri. Acara Finalisasi dibuka oleh Bp. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Bapak Dr. Muhsin Jamil, M.Ag. Dalam pembukaanya beliau menyampaikan untuk mengidentifikasi hambatan yang dialami prodi. Maisng masing prodi harus mulai mereview dan melaporkan kegiatan untuk mengetahui apakah sudah sesuai dengan 9 kriteria yang diharapkan.

Finalisasi LKPS diselenggarakan dalam dua sesi dimana sesi pertama berisi materi panel dari LP2M, Akademik, Organisasi dan Kepegawaian dan PTIPD. Sedangkan pada sesi kedua para peserta mengisi dan melengkapi LKPS masing-masing prodi.  Bagian Akademik diwakili oleh Bapak Alimul Huda, S.Pd.I., M.Pd. untuk menyampaikan data mengenai beasiswa dan prestasi mahasiswa selama periode tahun 2021-2022. Dalam laporanya Bapak Alimul Huda, S.Pd.I., M.Pd. menyampaikan bahwa data kejuaraan mahasiswa masih ada yang belum dilaporkan oleh mahasiswa, sehingga para dosen dihimbau untuk dapat menyampaikan ke mahasiswa agar bisa melaporkan kejuaraan yang didapatkan. Beasiswa yang di UIN Walisongo diantaranya adalah  Beasiswa KIP, basnas sragen, BJB, BI, dan Beasiswa pancakarsa. Masa studi mahasiswa rata rata adalah 4 tahun 5 bulan serta IPK mahasiswa rata rata adalah 3,60 dengan predikat cumlaude.

Materi mengenai penelitian dan pengabdian disampaikan oleh LP2M. Bapak Dr. Hamdan Hadi Kusuma, M.Sc, Kapus Penelitian LP2M menyampaikan adanya kenaikan dana penelitian dari 2021 ke 2022.  Jumlah dana 2021  adalah  1milyar 364 juta dan meningkat pada tahun 2022 yaitu 2 milyar 474 juta. Hal lain yang disampaikan oleh Bapak Kapus penelitian LP2M yaitu mulai 2021 penelitian sudah diwajibkan melibatkan mahasiswa. Selain penelitian juga terdapat pendanaan penerbitan buku. Terdapat buku berbasis riset ber ISBN dan penulisan buku ajar. Pendanaan buku ajar juga mengalami peningkatan dari tahun 2021 senilai 400 juta dan pada tahun 2022 menjadi 660 juta.  Kapus pengabdian bapak Dr. Mukhamad Rikza, S.Pd.I., M.SI. menyampaikan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh dosen yang terdata pada LP2M yaitu kegiatan mitra dampingan, karya pengabdian dosen, KKN, Konferensi Nasional Pengembangan kepada Masyarakat, Konferensi Internasional Pengabdian Kepada Masyarakat, Prosiding PkM, Buku IsBN PkM dan HKI PkM.  Sama Halnya dengan dana penelitian, dana pengabdian juga mengalami kenaikan dari tahun 2021 senilai 182 juta menajdi 480 juta pada tahun 2022.

Materi selanjutnya disampaikan dari bagian organisasi dan kepegawaian dimana Bapak Fahmi Jauhari, SE., M.Si. dari SubKordinator  Organisasi dan Tata  Laksana menyampaikan data mengenai pemetaan pegawai ( dosen, tendik, laboran, dan teknisi) menurut pangkat, golongan, dan jabatan fungsional Tahun Akademik 2021/2022. Materi terakhir dari Bu Dr. Lulu Choirun Nisa, M.Pd. kepala PTIPD menyampaikan mengenai Update Data PD Dikti UIN Walisongo Semarang Tahun Akademik 2021/2022. Data dari PDDIKTI terdiri dari data dosen dan data mahasiswa. Data data akademik pada PDDIKTI dicatat berawal sejak mahasiswa baru hingga menyelesaikan studinya. Sesi kedua masing-masing prodi menyusun dan melengkapi LKPS bersama tim dari prodi dimana hasil finalisasi LKPS pada acara ini harapanya sudah dapat digunakan untuk keperluan selanjutnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *