Senin, 29 April 2024, bertempat di ruang Teater Lantai 4 Gd Rektorat UIN Walisongo Semarang, LPM UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan sosialisasi Akreditasi Internasional FIBAA. Dalam kegiatan ini mengundang pemateri dari perwakilan FIBAA Bapak Adam Pama. Peserta dalam kegiatan ini adalah para Dekan, ketua prodi dan sekretaris prodi di lingkungan UIN Walisongo Semarang. Harapan dari diselenggarakanya kegiatan ini adalah adanya program studi yang dapat mengajukan akreditasi FIBAA dalam waktu dekat.

Ketua LPM, Dr.Tolkah, M.A menyampaikan dalam sambutanya pilihan FIBAA sudah sesuai dengan pertimbangan dari berbagai contoh sukses dari kampus kampus lain. Dalam sambutan Rektor UIN Walisongo Semarang, beliau mengarahkan bahwa Kampus siap menfasilitasi akreditasi internasional. Kegiatan ini merupakan awal ikhtiar menuju akreditasi internasional prodi, kampus UIN Walisongo sudah memiliki banyak asesor yang dapat membantu mengawal akreditasi internasional . LPM diharapkan menjadi lokomotif penjaminan mutu internal dan external serta di fakultas Fakultas perlu diberikan pelatihan penyusunan borang sesuai dengan LAM nya agar bisa memoles narasi untuk yang akan dimasukan dalam borang. Dalam kesempatan yang sama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan juga mengarahkan bahwa untuk persiapan akreditasi internasional setidaknya harus mengalami proses agar tetap ada kemajuan, harapanya di bulan November bisa mensubmit akreditasi internasional di FIBAA.


Materi sosialisasi FIBAA disampaikan dari perwakilan FIBAA Bapak Adam Pamma. Sesuai timeline, menurut beliau jika akan akreditasi FIBAA 2025 maka submit harus di November 2024 dan mei harus sudah persiapan . FIBAA berorientasi pada mahasiswa atau outcome based ( bagaimana kompetensi yang dimiliki mahasiswa untuk siap di dunia kerja) sehingga poin penting yang harus dipastikan adalah Kurikulum berbasis OBE yang dilaksanakan oleh program studi. Materi yang disampaikan beliau diantaranya syarat yang harus dipersiapkan untuk sibmit FIBAA, contoh pembiayaan dan contoh timeline dalam persiapan FIBAA. Dokumen Submit yang diperlukan dalam FIBAA adalah SER dan Apendix. Untuk SER ( self evaluation report):terdiri dari 5 chapter, ada 54 sub bagian dan 33 diantaranya esensial. Sementara itu pembiayaan pada FIBAA diantaranya adalah Fee FIBAA, Penyusunan SER dan penerjemah, penyusunan appendices dan penerjemah , visitasi . Dari kegiatan ini rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan adalah pemetaan prodi seuai klaster, review kurikulum OBE, penetapan prodi untuk submit FIBAA, pembentukan TIM, penyusunan borang dan pendampingan, finalisasi borang dan submit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *