LPM- Dalam rangka peningkatan Mutu Akademik, LPM UIN Walisongo mengadakan kegiatan Expose Monev tindak lanjut hasil rekomendasi temuan AMI Tahun 2020. Kegiatan ini Merupakan acara yang didesaian dalam rangka tindak lanjut dari monev yang pernah dilakukan semester sebelumnya. Acara Expose Monev ini dilaksanakan pada Kamis 27/5/2021 di Ruang Teater Lantai 4 Gedung Rektorat Kampus 3, Kegiatan ini dihadiri oleh WR 1, para WD 1, Tim auditor, dan tim LPM.

Dalam arahannya saat membuka kegiatan tersebut, Bapak Muhsin Jamil selaku WR 1 memberikan penjelasan bahwa dalam Proses penjamin mutu ada tiga hal yang harus dilakukan, pertama perlu adanya Penyelarasan dengan standar mutu supaya tidak terjadi kendala yang kursial ketika dihadapkan dengan Akreditasi di setiap jurusan. Kedua, perlu adanya Capaian Mutu yang jelas, sehingga semua kegiatan monev bisa menunjukan hasilnya. Kegiatan capaian mutu tersebut bisa diterjemahkan dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat peningkatan mutu dosen diantaranya pencapain lector dan penelitian-penelitian. Ketiga, profile akademik dosen yang di handle oleh Unit Unit, artinya Setiap unit diupayakan bisa memetakan data profile akademik dosen yang dikomunikasikan dengan kegiatan workshop.

Perjalanan acara ekspose monev dipimpin oleh Bapak Komarudian, selaku kapus APM LPM, dalam mengawali proses laporan Monev tersebut Kapus APM coba mengingatkan kembali bahwa beberapa inti dari monev yang dilakukan adalah; pertama peningkatkan monev profile dosen yang sebagian masih AA yang diposisikan disebuah lini jabatan. Kedua Porsi mengajar dosen yang overload karena menjadi dosen diluar. ketiga Jumlah karya ilmiah yang disesuakan dengan home base dan jurusan masing masing.

Setelah penyamaan persepsi laporan oleh kapus APM LPM, acara dilanjutkan dengan laporan oleh setiap tim Monev untuk melaporkan hasil temuanya. Mengenai hasil laporan tersebut bisa disimpulkan bahwa dari lini profile dosen, jam mengajar dan produktifitas karya ilmiah masih ada beberapa titik lemah di beberapa jurusan Yang dalam waktu dekat akan segera dibenahi.

Setelah pemaparan dari tim monev tersebut, giliran selanjutnya adalah tanggapan dari setiap WD 1 untuk memberikan pandangan masing-masing. Hampir semua WD1 mengamini setiap hasil temuan tim auditor dan berupaya memperbaiki dalam rangka peningkatan mutu akademik di Fakultas dan Program Studi. (Ichrom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *