Oleh: Dr. Abdul Muhaya, M.A.

Lembaga Penjaminan Mutu UIN Walisongo merupakan implementasi Peraturan Menteri Agama RI Nomor 54 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Walisongo yang menjadi bagian dari amanah UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi; pasal 51-54 Bab Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Sebagai lembaga yang bertugas mengkordinasikan, mengendalikan, memantau, menilai, dan mengembangkan mutu penyelenggaraan kegiatan akademik, LPM melaksanakan proses penjaminan mutu untuk membantu membangun budaya mutu secara berkelanjutan. Sistem penjaminan mutu dibangun untuk meningkatkan mutu layanan agar terpenuhinya kepuasan stakeholders; pemangku kepentingan mahasiswa, orang tua mahasiswa, pengguna lulusan, serta pihak terkait lainnya.

Sistem penjaminan mutu UIN Walisongo bermula dari penguatan kelembagaan yang telah dirintis sejak tahun 2003 dengan keberadaan Unit Penjaminan Mutu Akademik (UPMA), penyusunan dokumen mutu akademik, kegiatan monev akademik (AMAI), pendampingan sertifikasi dosen, profesionalisasi Beban Kerja Dosen, training dan workshop peningkatan kualitas pembelajaran, evaluasi belajar dan auditor, serta penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal IAIN/UIN Walisongo.

Website ini dimaksudkan untuk menjadi informasi tentang kebijakan, program, dan kegiatan peningkatan mutu akademik dan penguatan tata kelola kelembagaan UIN Walisongo. Melalui website ini, pembaca dapat mengikuti program, ikhtiar dan strategi pengembangan mutu dalam konteks pembangunan pendidikan Islam sebagai bagian integral dari sistem pendidikan nasional. Selamat menikmati. Salam