Selasa,5 Desember 2023, Tim Jurnal Attaqadum di pimpin oleh Chief Editor Dr Anthin Lathifah, M.Ag. melaksanakan pertemuan dengan Tim Jurnal Perikanan dan Kelautan (JIPK) UNAIR. Dalam kegiatan ini diikuti oleh 5 orang Tim Editor Jurnal Attaqadum yang bertujujan untuk meningkatkan mutu jurnal Attaqadum. Kegiatan Benchmarking ke JPIK diselenggarakan pada ruang sidang gedung garam Kampus C UNAIR. Rombongan tim jurnal Attaqadum disambut langsung oleh dekan FPK dan Tim Jurnal JIPK.

Prof. Amin Alamsjah selaku dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan menceritakan tentang perjuangan jurnal ilmu perikanan dan kelautan menjadi Scopus. Prof. Sri Subekti selaku Editor in Chief JIPK dalam sambutanya mengungkapkan bahwa dalam pengelolaan suatu jurnal komitmen tim harus dijaga karena sebagai motor penggerak kemajuan suatu jurbal. Hal lain yang ditekankan terkait pengelolaan jurbal juga perlunya bantuan dari pihak pimpinan dan memperluas jejaring. Dr. Anthin Lathifah, M.Ag mewakili rombongan menyampaikan tujuan kedatangan tim Attaqadum adalah belajar bagaimana proses perjalanan jurnal JIPK sampai terindeks scopus Q3.

Informasi mengenai pengalaman JIPK diberikan oleh Bapak Rozi S.Pi.,M.Biotech selaku Managing Editor. Selain berbagi mengenai pengalaman JIPK, beliau juga memberikan berbagai strategi dalam pengelolaan jurnal diantaranya pengelolaan managerial, persiapan menuju scopus dan WoS. Pada persiapan Scopus, perlu memperhatikan diversity author setidaknya dari 5 benua, perbaiki scope jurnal, dan EIC harus banyak yang menulis. Untuk Submit Scopus ada 16 aspek yang dinilai, 80% dari manajemen aspek, kebijakan, ketentuan. Dan 17% dari artikel. Untuk WoS sistemnya harus terindek SJI. kemudian akan masuk ke ESC dan dapat menuju ke SCIE (Sains) serta SSCI (Sosial). Berbagai pengalaman yang dimiliki JIPK harapanya dapat menjadi evaluasi dan pembenahan pada Jurnal Attaqadum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *