Perkembangan kurikulum dipengaruhi oleh beragam aspek dan menyesuaikan berbagai macam kebutuhan. Dalam rangka persiapan akreditasi internasional program studi, Lembaga Penjaminan Mutu UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) yang dilaksanakan pada 24-26 Mei 2023 bertempat di Univetsity Hotel Jogjakarta. Penyampaian materi pada workshop kali ini disampaikan oleh Bapak Dr. Muhammad Fakhri Husein, S.E, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. Peserta dalam acara ini para Wakl Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Para ketua Program Studi dan Perwakilan GPM Fakuktas.


Dalam sambutanya Ketua LPM Dr. A Hasan Asy’ari Ulama’I menyampaikan bahwa kurikulum OBE merupakan kurikulum yang fokus pada capaian pembelajaran dimana mahasiswa diharapkan mampu memenuhi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Dengan demikian, pendidikan berpusat pada outcome bukan hanya materi yang harus diselesaikan. Sebelum pelaksanaan kurikulum OBE, sebaiknya pihak universitas menerbitkan Surat Rektor tentang panduan kurikulum OBE universitas. Selanjutnya Prodi merevisi kurikulum sesuai panduan kurikulum OBE di universitas dengan melakukan workshop untuk mereview kuikulum dengan mendatangkan stakeholder (draft kurikulum yang sudah jadi disampaikan ke stakeholder).
Materi yang disampaikan oleh pemateri terfokus pada komponen kurikulum OBE yang meliputi prinsip OBE, penentuan CPL (Jumlah keseluruhan CPL yang ideal sebanyak 10-12 CPL yang sudah mencakup ketiga ranah yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap), profil lulusan, dan perumusan Mata kuliah. Selain penyampaian materi dalam kegiatan ini semua perserta juga langsung melakukan pembenahan pada kurikulum yang akan digunakan pada masing masing prodi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *